Friday, 23 January 2015

Pengertian Self Efficacy

Pengertian Self Efficacy


Ada beberapa pengertian self efficacy. Bandura mengungkapkan bahwa self-efficacy adalah penilaian keyakinan diri tentang seberapa baik individu dapat melakukan tindakan yang diperlukan yang berhubungan dengan situasi yang prospektif (Luthans, 2006). Self-efficacy ini berhubungan dengan keyakinan bahwa diri memiliki kemampuan melakukan tindakan yang diharapkan. Self-efficacy adalah penilaian diri, apakah dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk, tepat atau salah, dapat atau tidak dapat mengerjakan sesuai dengan yang dipersyaratkan (Alwisol, 2004).
Menurut Stajkovij dan Luthans, self-efficacy mengacu pada keyakinan individu mengenai kemampuan untuk memobilisasi motivasi, sumber daya kognitif, dan tindakan yang diperlukan agar mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas yang diberikan (Luthans, 2006). Myers (dalam Suseno, 2009) menyatakan self-efficacy berkaitan bagaimana individu merasa mampu untuk melakukan suatu hal.
Baron dan Byrne (2005) mendefinisikan self-efficacy sebagai evaluasi diri seseorang terhadap kemampuan atau kompetensi untuk menampilkan tugas, mencapai tujuan dan mengatasi rintangan. Locke  (dalam Suseno, 2009) mengatakan bahwa self-efficacy yang tinggi akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas.
Menurut Bandura (dalam Fithri, 2009) self-efficacy adalah keyakinan individu akan kemampuannya menghasilkan tindakan yang diharapkan terhadap peristiwa yang mempengaruhi hidup mereka. Self-efficacy menentukan bagaimana individu merasakan, berpikir, dan memotivasi diri mereka serta bertindak. Keyakinan memberi pengaruh pada empat hal, yaitu : proses kognitif, motivasi, afektif, dan proses seleksi.
Lebih lanjut Bandura (dalam Rachmahana, 2008)  menjelaskan self-efficacy berkaitan dengan keyakinan diri bahwa ia mampu mengontrol situasi sulit dan yakin mampu mengatasi situasi yang merugikan. Self-efficacy berkaitan dengan keyakinan individu dapat atau tidak dapat melakukan sesuatu bukan pada hal apa yang akan ia lakukan Self-efficacy yang tinggi akan menggiring individu untuk mengatasi tantangan dan hambatan dalam mencapai tujuan.
Maka, dapat disimpulkan bahwa pengertian self efficacy adalah penilaian seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri untuk  melakukan sesuatu dan mendapatkan hasil yang diinginkan. 
sumber:http://www.e-jurnal.com/2013/10/pengertian-self-efficacy.html

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...