Thursday, 15 January 2015

Sering Mengigau Saat Tidur? Ini Dia Alasannya

Sering Mengigau Saat Tidur? Ini Dia Alasannya

Pernahkah Anda diberi tahu oleh saudara atau keluarga Anda bahwa Anda mengigau saat tidur? Well, sampai sekarang fenomena ini ternyata masih saja menjadi misteri. Namun ternyata ada alasan yang mendasari mengapa manusia bisa mengigau saat tidur. Dan kali Vemale akan menghadirkannya hanya untuk Anda seperti yang telah dilansir oleh healthmeup.com berikut ini.

Mengigau atau berbicara saat tidur disebut dengan somniloquy. Ini merupakan gangguan tidur yang tidak normal di mana orang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa berbicara saat tidur merupakan kegiatan yang dilakukan oleh alam bawah sadar manusia. Orang yang mengigau biasanya bicara dengan diri mereka sendiri. Tak hanya itu saja, mereka bahkan bisa tertawa, berbisik bahkan berteriak. Orang yang mengigau sangat mungkin menggunakan kata-kata yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mereka menggerutu sehingga sulit memahami apa yang dikatakan.

Mengigau merupakan fenomena yang umum. Fenomena ini biasanya dialami oleh anak-anak mulai usia 3-10 tahun. Namun ada juga orang dewasa yang mengalaminya. Hampir 5% orang dewasa mengalaminya dan sebagian besar adalah lelaki.

Mengigau tidak berbahaya secara umum, namun dalam beberapa kasus bisa jadi gangguan tidur yang serius jika terjadi terlampau sering. Beberapa penyebab mengigau antara lain stres, demam, depresi, kurang tidur, mengantuk di siang hari, konsumsi alkohol, faktor keturunan, mimpi buruk, gangguan tidur, gangguan jiwa, kejang nocturnal, penyakit mental atau medis dan juga penyalahgunaan zat.

Lalu apakah mengigau bisa diobati? Sebenarnya Anda tak perlu pengobatan khusus jika ini tak mengganggu. Namun jika sudah parah Anda bisa mengunjungi dokter dan berkonsultasi. Akan ada penjelasan medis yang mendasari masalah tidur ini. 

sumber :http://www.vemale.com/body-and-mind/segar-dan-rileks/77208-sering-mengigau-saat-tidur-ini-dia-alasannya.html
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...