Wednesday 17 December 2014

Tingkatkan Percaya Diri Melalui Meditasi

Tingkatkan Percaya Diri Melalui Meditasi Pernapasan

         
Berbicara soal percaya diri tentu bukan permasalahan yang mudah di atasi. memang masalah ini sering kita alami saat bicara dengan orang-orang tertentu atau pada saat presentasi. hal itu tentu sangat menggangu konsentrasi kita ketika berbicara. Untuk itu penulis akan memberikan gambaran apa itu percaya diri. Menurut psikologi W.H Miskell dalam bukunya yang berjudul Mental Hygiene Pecaya Diri adalah penilaian yang relative tetap tentang diri sendiri, tentang kemampuan, bakat, kepemimpinan, inisiatif dan sifat-sifat lain serta berbagai kondisi yang mewarnai perasaan manusia.


           Rasa percaya diri wajib dimiliki oleh setiap orang, karena percaya diri erat kaitannya dengan kenyamanan dalam situasi apapun. Tanpa kenyamanan bagaimana mungkin orang lain bisa nyaman dengan kita, untuk itu sikap percaya diri ini sangat penting dalam situasi apapun. Seperti yang dikatakan Psikolog diatas bahwa percaya diri itu sebuah penilaian terhadap diri sendiri serta ada sebuah kondisi yang mewarnai perasaan itu. maka penulis dapat memberikan pengartian berdasarkan pengalaman penulis cara meningkatkan  percaya diri. Percaya diri ini saya dapatkan dari kegiatan pebajja samanera selama dua puluh hari. yaitu dengan berbagai kegitan dari meditasi, teori, praktik dan sharing pengatahuan. Berkenaan dengan percaya diri saya dapatkan melalui meditasi. kok bisa meditasi bisa meningkat percaya diri. Jawabannya ya rasakan sendiri. Disini saya punya pengalaman meditasi yang sangat luar biasa, dimana saya bisa mengatasi ketidak percayaan diri saya sendiri. Dengan cara apa bisa mengatasinya, ternyata sangat mudah sekali teman, berdasarkan pengalaman penulis cara meningkatkan percaya diri itu cukup lima tahap seperti di bawah ini :

1.     Bernapas secara alami.
2.     Tetap dalam keadaan santai.
3.     Kendalikan emosi anda.
4.  Konsentrasikan pikiran anda, pikirkan dulu kalimat yang mau anda                      sampaikan.
5.     Biasakan gerak tangan agar aktif saat bicara.
6.  Di Tambah dengan Afirmasi kata positif  " Saya Seorang Komunikator hebat"  Pagi, sore sebelum dan sesudah tidur.


          Kelima cara inilah yang biasanya membuat saya lebih percaya diri di depan teman-teman saya dan anda dapat mencoba atau membuktikannya sendiri. Rasa percaya diri yang saya dapat  tentunya bukan saja dari meditasi pernasan saja tetapi di selingi membaca, belajar speaking, praktik dan bertanya. Saya pastikan anda sukses jika anda bisa menggali potensi anda melalui meditasi & terus belajar.
salam sukses.!!!

1 comment:

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...