Friday, 16 January 2015

Fungsi Otak Akan Menurun Bila Tidak Digunakan


Fungsi Otak Akan Menurun Bila Tidak Digunakan
Ilustrasi (gatag.net)

Amerika Serikat, Psikologi Zone – Seorang pria bernama Burt Garret (80) mengatakan bahwa ia sudah tidak aktif bekerja, ia menghabiskan banyak waktu untuk bermain golf, berjalan kaki, dan banyak hal-hal menarik lain yang ingin ia lakukan setiap hari.
Walaupun penurunan memori tidak bisa dihindari di usia tua, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa penurunan ini bisa sangat bervariasi dari satu orang dan orang yang lain.

Orang-orang seperti Garret tetap menjaga kondisi fisik, sosial, dan mental untuk tumbuh dewasa, inilah rahasia masa penuaan yang sehat. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan melalui jurnal Trends in Cognitive Sciences.

Peneliti mencatat, mencegah penurunan daya ingat lebih baik dari pada mencoba untuk memperbaiki penurunan yang sudah ada.

“Ada bukti cukup kuat bahwa mempertahankan kondisi fisik dan mental secara aktif adalah jalan untuk perawat otak,” kata Louis Cozolino, PhD peneliti dalam studi ini.

“Gunakan otak atau Anda akan kehilangan fungsinya. Otak adalah organ yang sangat kompleks dengan sistem yang berbeda,” katanya.

Profesor psikologi di Pepperdine University ini mengatakan, beberapa sistem akan mulai menurun pada dekade ketiga atau keempat dalam kehidupan manusia, dibawah itu fungsi otak berjalan lebih baik.

Meskipun faktor biologis seseorang memainkan peran dalam usia otak manusia, sekarang jelas bahwa interaksi sosial yang dilakukan seseorang juga turut mempengaruhi.

“Hubungan sosial merangsang neurokimia otak untuk membantu tetap sehat,” katanya. “salah satu formula untuk kesehatan otak adalah adaptasi sosial secara berkelanjutan.”

Di sisi lain, isolasi sosial dapat menyebabkan penuaan otak lebih cepat terjadi.

“Jika Anda ingin otak menjadi semakin buruk, cukup dengan menonton televisi sepanjang hari dan tidak melakukan hal lain.” tambahnya.

Garret yang tidak pernah menonton televisi menyetujui apa yang dikatakan oleh Cozolino.

“Ada dua macam manusia, mereka yang menghabiskan waktu dengan menyalakan televisi dan mereka yang memilih mematikannya,” kata Garret.

Walaupun Garret memiliki gen yang baik – ibunya baru meninggal dua tahun lalu saat usianya mencapai 96 tahun – hari-harinya juga dihabiskan dengan banyak berinteraksi sosial.

Ia merayakan ulang tahun ke-80 dengan istrinya, putrinya, cucu, cicit dan anggota keluarga besar lain. (wmd/mba)

sumber : http://www.psikologizone.com/fungsi-otak-akan-menurun-bila-tidak-digunakan/065116425
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...