Saturday, 8 November 2014

Pengertian Persepsi,Ingatan, Belajar,Berpikir


TUGAS PSIKOLOGI
1.      Kaitan ilmu psikologi dengan ilmu lain
2.      Pengertian Persepsi
3.      Pengertian Ingatan
4.      Pengertian Belajar
5.      Pengertian Berpikir


MERESUM

1.      Kaitan ilmu psikologi dengan ilmu lain
Berdasarkan sejarahnya yang berasal dari filsafat dan ilmu faal, jelas psikologi berhubungan dengan ilmu lain karena ilmu psikologi sangatlah berguna dan banyak membantu ilmu ilmu lainnya,terutama yang secara langsung menyangkut kehidupan manusia.

2.      Pengertian Persepsi
Objek objek di sekitar kita, kita tangkap melalui alat alat indra dan di proyeksikan pada bagian tertentu di otak sehingga kita dapat mengamati objek tersebut. Jadi persepsi itu dapat di artikan yaitu kemampuan untuk membedakan, mengelompokkan, memfokuskan dan sebagainya itu, selanjutnya di interpretasikan.
3.      Pengertian ingatan
Ingatan atau sering disebut memory adalah sebuah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi. Ingatan akan dipelajari lebih mendalam di psikologi kognitif dan ilmu saraf. Apa yang telah diingat adalah hal yang pernah dialami, pernah dipersepsinya, dan hal tersebut pernah dimasukkan kedalam jiwanya dan disimpan kemudian pada suatu waktu kejadian itu ditimbulkan kembali dalam kesadaran. Ingatan merupakan kemampuan untuk menerima dan memasukkan (learning), menyimpan (retention) dan menimbulkan kembali apa yang pernah dialami (remembering).
4.      Pengertian belajar
Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap yang terjadi karena latihan dan pengalaman. Belajar juga bisa di artikan sebagai sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
5.      Pengertian berpikir
Berpikir adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak. Walaupun tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kerja otak, pikiran manusia lebih dari sekedar kerja organ tubuh yang disebut otak.  Kegiatan berpikir juga melibatkan seluruh pribadi manusia dan juga melibatkan perasaan dan kehendak manusia. Memikirkan sesuatu berarti mengarahkan diri pada obyek tertentu, menyadari secara aktif dan menghadirkannya dalam pikiran kemudian mempunyai wawasan tentang obyek tersebut. Berpikir juga berarti berjerih-payah secara mental untuk memahami sesuatu yang dialami atau mencari jalan keluar dari persoalan yang sedang dihadapi. Dalam berpikir juga termuat kegiatan meragukan dan memastikan, merancang, menghitung, mengukur, mengevaluasi, membandingkan, menggolongkan, memilah-milah atau membedakan, menghubungkan, menafsirkan, melihat kemungkinan-kemungkinan yang ada, membuat analisis dan sintesis menalar atau menarik kesimpulan dari premis-premis yang ada, menimbang, dan memutuskan.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...