Monday, 4 April 2016

Makalah Psikologi Perkembangan Intelektual

         
intellectual development
 Apa kabar sahabat semuanya, sore ini saya pengen berbagi ilmu nih, namun terlalu banyak aktifitas yang menggangguku, tapi tidak membuat saya putus asa, rasa ngantuk, lesu dan capek mungkin melanda jiwaku namun tidak meluruhkan semangatku tuk berbagi ilmu. Hari ini saya ingin berbagi ilmu psikologi yang berkaitan dengan Psikologi Perkembangan Intelektual. Intelektual berkaitan dengan kecerdasan, siapa sih yang tidak ingin cerdas, pintar dan berprestasi.
          Dewasa ini banyak anak-anak yang mengikuti pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Pada hari-hari pertama masuk sekolah anak-anak selalu menanyakan pada diri sendiri apa yang dapat diperbuat di sekolah, pelajaran apa yang diinginkan dan sebagainya. Demikian juga bagi guru, apa yang dapat diajarkan kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun tersebut. Namun setelah usianya lebih dari 6 tahun anak-anak dapat mengernbangkan diri sebab kemampuannya meningkat, mereka dapat berpikir secara konseptual, memecahkan masalah, mengingat, dan mempergunakan bahasa dengan baik.
          Intelegensi mengandung unsur-unsur yang sama dengan yang dimaksudkan dalam istilah intelektual, yang menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir dan bertindak. Berhubungan dengan masalah kemampuan itu, para ahli psikologi telah mengembangkan berbagai alat ukur (tes intelegensi) untuk menyatakan tingkat kemampuan berpikir dan intelegensi seseorang. Salah satu tes intelegensi yang terekenal adalah tes yang dikembangkan oleh Alfred Binet (1857-1911). Binet adalah ahli ilmu jiwa (psycholog) Perancis, yang merintis mengembangkan tes intelegensi yang sedikit umum. Tes Binet ini disempurnakan oleh Theodore Simon, sehingga tes tersebut terkenal dengan sebutan Tes Binet Simon. Pada usia remaja, IQ dihitung dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan yang terdiri dari berbagai soal (hitungan, kata-kata, gambar-gambar, dan semacamnya) dan menghitung banyaknya pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar kemudian membandingkan dengan daftar (yang dibuat berdasarkan penelitian terpercaya). Untuk anak-anak, cara menghitung IQ adalah dengan menyuruh anak untuk melekukan pekerjaan tertentu dan menjawab pertanyaan tertentu (misalnya menghitung sampai 10 atau 100, menyebut nama-nama hari atau bulan, membuka piintu dan menutupnya kembali, dan lain-lain).
B. Rumusan Masalah
          Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka permasalahan pokok yang menjadi focus dalam makalah ini antara lain:
1. Bagaimana hubungan antara intelektual dengan tingkah laku?
2. Seperti apakah karakteristik perkembangan intelektual remaja?
3. Aspek-aspek apa sajakah yang terdapat dalam perkembangan intelektual?
4. Bagaimana tahap-tahap perkembangan intelektual?
5. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan intelektual?
C. Tujuan Penulisan
       Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1. Mengetahui hubungan antara intelektuak dengan tingkah laku.
2. Mengetahui karakteristik perkembangan intelektual remaja.
3. Mengetahui asoek-aspek apa saja yang terdapat dalam perkembangan intelektual.
4. Mengetahui tahap-tahap perkembangan intelektual.
5. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan intelektual.


Untuk lebih lengkap Download Makalah Psikologi Perkembangan Intelektual-nya
Klik  DISINI

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...