intellectual development |
Apa kabar sahabat semuanya, sore ini saya pengen berbagi ilmu nih, namun terlalu banyak aktifitas yang menggangguku, tapi tidak membuat saya putus asa, rasa ngantuk, lesu dan capek mungkin melanda jiwaku namun tidak meluruhkan semangatku tuk berbagi ilmu. Hari ini saya ingin berbagi ilmu psikologi yang berkaitan dengan Psikologi Perkembangan Intelektual. Intelektual berkaitan dengan kecerdasan, siapa sih yang tidak ingin cerdas, pintar dan berprestasi.
Dewasa ini banyak anak-anak yang
mengikuti pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Pada hari-hari pertama masuk sekolah
anak-anak selalu menanyakan pada diri sendiri apa yang dapat diperbuat di
sekolah, pelajaran apa yang diinginkan dan sebagainya. Demikian juga bagi guru,
apa yang dapat diajarkan kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun tersebut. Namun
setelah usianya lebih dari 6 tahun anak-anak dapat mengernbangkan diri sebab
kemampuannya meningkat, mereka dapat berpikir secara konseptual, memecahkan
masalah, mengingat, dan mempergunakan bahasa dengan baik.
Intelegensi mengandung unsur-unsur
yang sama dengan yang dimaksudkan dalam istilah intelektual, yang menggambarkan
kemampuan seseorang dalam berpikir dan bertindak. Berhubungan dengan masalah
kemampuan itu, para ahli psikologi telah mengembangkan berbagai alat ukur (tes
intelegensi) untuk menyatakan tingkat kemampuan berpikir dan intelegensi
seseorang. Salah satu tes intelegensi yang terekenal adalah tes yang
dikembangkan oleh Alfred Binet (1857-1911). Binet adalah ahli ilmu jiwa (psycholog)
Perancis, yang merintis mengembangkan tes intelegensi yang sedikit umum. Tes
Binet ini disempurnakan oleh Theodore Simon, sehingga tes tersebut terkenal
dengan sebutan Tes Binet Simon. Pada usia remaja, IQ dihitung dengan cara
memberikan seperangkat pertanyaan yang terdiri dari berbagai soal (hitungan,
kata-kata, gambar-gambar, dan semacamnya) dan menghitung banyaknya pertanyaan
yang dapat dijawab dengan benar kemudian membandingkan dengan daftar (yang
dibuat berdasarkan penelitian terpercaya). Untuk anak-anak, cara menghitung IQ adalah
dengan menyuruh anak untuk melekukan pekerjaan tertentu dan menjawab pertanyaan
tertentu (misalnya menghitung sampai 10 atau 100, menyebut nama-nama hari atau
bulan, membuka piintu dan menutupnya kembali, dan lain-lain).
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar
belakang, maka permasalahan pokok yang menjadi focus dalam makalah ini antara
lain:
1. Bagaimana hubungan antara
intelektual dengan tingkah laku?
2. Seperti apakah karakteristik
perkembangan intelektual remaja?
3. Aspek-aspek apa sajakah yang
terdapat dalam perkembangan intelektual?
4. Bagaimana tahap-tahap perkembangan
intelektual?
5. Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi perkembangan intelektual?
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah
ini adalah:
1. Mengetahui hubungan antara
intelektuak dengan tingkah laku.
2. Mengetahui karakteristik
perkembangan intelektual remaja.
3. Mengetahui asoek-aspek apa saja
yang terdapat dalam perkembangan intelektual.
4. Mengetahui tahap-tahap
perkembangan intelektual.
5. Mengetahui faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi perkembangan intelektual.
Untuk
lebih lengkap Download Makalah Psikologi Perkembangan Intelektual-nya
Klik DISINI
MGM Grand Casino & Hotel - Mapyro
ReplyDeleteWhat days are MGM Grand 통영 출장안마 Casino & Hotel open?What 김천 출장마사지 days are MGM Grand Casino & Hotel open?Are 전라북도 출장안마 there any casino 세종특별자치 출장샵 games at MGM Grand Casino & Hotel in Las Vegas? 계룡 출장마사지