MAKALAH FACTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI BELAJAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Perkembangan individu merupakan suatu
proses perubahan terus menerus sepanjang hidup individu yang bersangkutan.
Perkembangan ini merupakan perpaduan antara tenaga tenaga asli dari dalam diri
individu itu dan tenaga dari luar (lingkungan). Dari kedua tenaga yang
disebutkan tadi terdapat dua kemungkinan yang akan terjadi pada individu, kedua
tenaga tersebut dapat menjadikan individu itu berkembang dengan lancar tanpa
gangguan yang disebut dengan perkembangan positif, atau berkembang dengan penuh
gangguan dan disebut dengan perkembangan negatif.
Pada diri manusia baik anak-anak
maupun orang dewasa terdapat gejala-gejala kejiwaan hal ini tentu saja erat
kaitannya dengan psikologi. Dalam gejala kejiwaan terdapat sensasi dan persepsi,
yang pada keduanya terdapat perbedaan. Setiap anak mempunyai kelebihan atau kekuatan-kekuatan
tertentu dan juga tentu saja kekurangan atau kelemahan. Hal ini tentu perlu digali
agar perwujudan diri dan semua bakat dan kemampuan pada anak dapat
dikembangkan. Orang tua dan guru dapat membantu anak dalam memenuhi kebutuhannya
akan perwujudan diri. Pengembangan pribadi anak akan dapat diperoleh melalui
proses belajar di mana proses belajar ini akan dapat meningkatkan kepribadian
dan berupaya untuk memperoleh hal-hal baru yang dapat memperbaiki dan
meningkatkan kontradiksi-kontradiksi dalam hidup.
Dengan demikian perkembangan adalah
hasil dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kehidupan individu yang
bersangkutan selama hidupnya. Kedua hal tersebut tergantung dari bagaimana
individu itu menanggapi dan dipengaruhi pula oleh bagaimana lingkungan menyajikannya.
Sama halnya, pengaruh Prestasi dalam belajar merupakan dambaan bagi setiap orang
tua terhadap anaknya. Prestasi yang baik tentu akan didapat dengan proses
belajar yang baik juga. Belajar merupakan proses dari sesuatu yang belum bisa
menjadi bisa, dari perilaku lama ke perilaku yang baru, dari pemahaman lama ke
pemahaman baru.
Dalam proses belajar, hal yang harus
diutamakan adalah bagaimana anak dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan
dan rangsangan yang ada, sehingga terdapat reaksi yang muncul dari anak.
Reaksi yang dilakukan merupakan usaha
untuk menciptakan kegiatan belajar sekaligus menyelesaikannya. Sehingga
nantinya akan mendapatkan hasil yang mengakibatkan perubahan pada anak sebagai
hal baru serta menambah pengetahuan.
Dari
uraian diatas jelaslah bahwa belajar merupakan kegiatan penting baik untuk
anakanak, bahkan juga untuk orang dewasa sekalipun.Perlunya perhatian faktor
lingkungan dapat mempengaruhi proses belajar. Suasana yang nyaman dan kondusif
mengakibatkan proses belajar akan menjadi lebih baik. Termasuk juga keaktifan
proses mental untuk sering dilatih, sehingga nantinya menjadi suatu kegiatan
yang terbiasa. Banyak sekali
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar atau prestasi
belajar. Orang tua pun perlu untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi
proses belajar pada anak mereka, sehingga orang tua dapat mengenali penyebab dan
pendukung anak dalam berprestasi. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu
diperhatikan, salah satu factor penting selain factor Internal yang mempengaruhi
belajar adalah factor eksternal.
Download
Makalah Lengkapnya versi PDF DISINI
Jika anda berkenan, berilah komentar yang bersifat positif dan membangun..!!!
0 komentar:
Post a Comment
Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...