Saturday 2 April 2016

Makalah Peran Kepribadian dalam Peningkatan   Kecakapan Hidup Individu

  Sebelum anda membaca artikel ini saya berharap anda bisa meluangkan waktu membaca pesan penting ini. Jika Anda ingin kehidupan anda lebih baik, saya akan kasih tau kuncinya, apa itu ? YAKNI Bisnis Outopilot. Dapatkan Aktif Income dan pasif Income dengan Join Agen Pulsa Secara GRATIS tanpa di pungut biaya. Info Selanjutnya silahkan Klik Gambar di bawah ini:

Makalah Peran Kepribadian dalam Peningkatan Kecakapan Hidup Individu
      
     
Orientasi pengembangan sumber daya manusia masih memusat pada pengembangan dimensi kognitif dibandingkan dengan pengembangan dimensi afektif, hati atau kalbu. Peningkatan kapasitas keilmuan dan pengetahuan tidak sebanding dengan pengembangan kepribadian, padahal kepribadian manusia merupakan benteng penangkal dari keterpurukan pada masalah di dalam kehidupan. Pentingnya unsur kepribadian ini terlihat dari terlibatnya karakteristik kepribadian yang handal sebagai bagian dari penangkal munculnya gejala psikologis dalam konsep stress buffering model.  


      Peranan penangkal dibuktikan oleh penelitian Hadjam (2003) yang menunjukkan bahwa gangguan somatisasi (keluhan fisik tanpa ada bukti medis) tidak akan terlepas dari aspek kepribadian individu yang merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Kepribadian merupakan faktor yang sangat penting bagi individu dalam menentukan cara menghadapi dan mengelola kejadiankejadian menekan. Kerentanan psikologis disebabkan banyak faktor misalnya lingkungan, pelayanan masyarakat, dukungan sosial, dan faktor kepribadian individu. Individu yang mempunyai karakter seperti harga diri rendah, serba tergantung, dan tidak tahan banting, rentan terhadap gangguan somatisasi (Hadjam, 2003) Ketika menghadapi tantangan kehidupan yang berat individu tersebut memilih sakit sebagai jalan lari dari masalah karena melalui sakit orang tersebut mendapatkan beberapa keuntunganmisalnya mendapatkan simpati, perhatian dan hakhak khusus lainnya (Kisker, 1977). Peranan kepribadian yang handal sebagai penangkal munculnya simtom psikologis juga dibuktikan oleh Retnowati (2005) yang menemukan bahwa kejadian yang menekan akan memunculkan simtom depresi apabila sumbersumber pribadi dan sosial (personal and social resources) tidak optimal.  
Download makalahnya klik disini

Jika anda berkenan, berilah komentar yang bersifat positif dan membangun..!!!

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...