Friday, 1 April 2016

Menfaat Yoga Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menfaat Yoga Dalam Kehidupan Sehari-hari
         
Yoga is live
Hello para pans semuanya, pagi ini saya akan berbagi pengalaman penting buat sahabatku yang ganteng dan cantik-cantik. Bagaimana kabarnya tentu sehat semua bukan, apa sih yang membuat sahabatku sehat hingga saat ini? Nah pertanyaan ini sering kita dengar dari orang-orang ynag mengeluh mengenai kesehatan mereka. Maka dari itu saya ingin berbagi tips sehat pagi ini.
          Kita sering mendengar kata olahraga, siapa sih yang tidak tau olahraga, anak kecil juga tau. Namun tau menfaat olahraga belum tentu orang-orang menyukainya. Nah sesuatu yang ingin saya bahas ini berbeda dengan olahraga biasa yakni yoga.
          Yoga berasal dari dua kata yaitu YO dan GA. Dalam bahasa Sanskerta India kuno, YO diartikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan manusia secara fisik. Semua aktifitas keseharian manusia masuk dalam alam YO. Mulai dari tingkah laku, pola hidup, pola makan, ilmu kesehatan (dalam hal ini fisiologi),sifat manusia, bentuk tubuh dan sebagainya. Sedangkan GA merupakan segala sesuatu yang berkaitan erat dengan alam metafisik / ghaib / ruh, yaitu alam yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Maka, ilmu yang berkaitan dengan aura, cakra, kewaskitaan dan ilmu warna dalam tubuh halus manusia disebut dengan GA.
           Masyarakat umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan berupa asana /jurus/ gerakan. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 7000 tahun.
          Yoga dapat melatih kesehatan fisik, mental dan spiritual. Gerakan yoga yang bervariasi mempertajam organs of perception (panca indera) dan konsentrasi anak menjadi lebih lama. Keduanya merupakan fondasi pertumbuhan dan intelegensia anak. Selain itu, bermanfaat bagi kesehatan sistem pernapasan dan sirkulasi.
          Rita Kosasih, Certified Iyengar Yoga Teacher, mengatakan variasi gerakan yoga melatih anak untuk fokus melalui mata. Melalui mata, anak dilatih untuk atentif (sadar terhadap situasi di sekitarnya) dan secara alamiah membangun kekuatan untuk konsentrasi tanpa adanya paksaan, karena mengajarkan yoga untuk anak dilakukan seperti bermain. “Ketika mata anak stabil dalam membuat gerakan, maka pikiran menjadi stabil, dengan demikian proses belajar pun menjadi lebih mudah,” terang Rita.
          Selain itu, menurut Rita, beberapa gerakan yoga juga bermanfaat bagi kesehatan fisik seperti sistem pernapasan dan sirkulasi. “Gerakan yoga seperti Ustrasana, Dhanurasana, Urdvhamuka svanasana, adalah gerakan yang membuat kapasitas paru-paru membesar, energi serta oksigen yang terserap menjadi lebih besar, dan secara alamiah membangun rasa percaya diri dan will power (semangat dan kemauan) pada anak,” ungkapnya.  “Sistem sirkulasi dalam tubuh juga tidak kalah penting. Gerakan yoga yang bervariasi membuat darah mengalir ke setiap bagian tubuh dengan lebih sempurna, membuang toksin (racun) dalam tubuh, sehingga membangun sistem imunitas tubuh menjadi lebih baik,” lanjut Rita.
          Menurut Rita, yoga adalah investasi yang tak ternilai untuk anak-anak. Melihat besarnya manfaat yoga bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. “Penting diketahui, untuk menghindari kesalahan gerakan dan kemungkinan cedera, gerakan yoga sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan instruktur yoga.
Sumber rujukan:

http://www.ayahbunda.co.id/bayi-psikologi/yoga-melatih-konsentrasi-panca-indera
Jika anda berkenan, berilah komentar yang bersifat positif dan membangun..!!!
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...