Monday, 7 March 2016

Pengertian Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Pendidikan

Psikologi atau biasa disebut dengan ilmu jiwa berasal dari kata bahasa inggris psycology yang merupakan dua akar kata dari bahasa greek (Yunani) yakni psyche artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu. Jadi secara bahasa psikologi berarti ilmu jiwa. Pendidikan berasal dari kata “didik” yang jika mendapat awalan “me” berati “mendidik” yang artinya memberikan pelatihan atau memelihara.
Dalam memelihara pasti diperlukan tuntunan, ajaran, mengenai sikap, akhlak dan binaaan kecerdasan pikiran. Pengertian pendidikan menurut KBBI adalah suatu proses pengubahan sikap, akhlak dan perilaku individu atau kelompok orang dalam upaya mendewasakan melalui pelatihan dan pengajaran. Jadi, psikologi pendidikan adalah ilmu yang menjelaskan tentang kegiatan individu dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam suatu proses pendidikan. Psikologi pendidikan sangat berkaitan dengan bagaimana siswa itu belajar dan berkembang.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat .
Menurut Muhibin Syah (2002), pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut  ensiklopedia amerika, Pengertian psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
Sedangkan menurut  Witherington, Pengertian Psikologi pendidikan adalah  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
Tardif (dalam Syah, 1997: 13) juga mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
Menurut Muhibin Syah, psikologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu dari bidang psikologi yang menyelidiki masalah psikologi anak yang terjadi dalam dunia pendidikan.

♦ Menurut Bruno pengertian psikologi terbagi dalam tiga bagian yang pada hakikatnya saling berhubungan satu sama lain.

Psikologi ialah Pendidikan (studi) mengenai “ruh”.
Psikologi ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
Psikologi ialah ilmu pengetahuan berkenaan dengan tingkah laku organisme.
♦ Alice Crow mengatakan psikologi pendidikan adalah studi tentang belajar, pertumbuhan, kematangan seorang individu dan penerapan prinsip-prinsip ilmiah mengenai reaksi manusia yang mempengaruhi belajar mengajar.
Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Dari beberapa pendapat tentang psikologi pendidikan, kami mengambil kesimpulan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari  tentang perilaku manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_pendidikan


Jika anda berkenan, berilah komentar yang bersifat positif dan membangun..!!!
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...