Friday, 4 December 2015

Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

         
Untuk menjalankan profesinya sebagai pendidik khususnya seorang guru sangat memerlukan banyak pengetahuan dan ketrampilan yang memadai sesuai tuntutan dan kemajuan sains dan teknologi. Diantara pengetahuan yang diperlukan seorang guru juga calon guru adalah pengetahuan psikologi terapan dengan pendekatan baru yang sangat erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Untuk memenuhi kebutuhan psikologi terapan itulah psikologi pendidikan ini disusun. Disini akan dijelaskan pengertian psikologi pendidikan itu sendiri dan ruang lingkupnya.

Psikologi Pendidikan
          Psikologi atau biasa disebut dengan ilmu jiwa berasal dari kata bahasa inggris psycology yang merupakan dua akar kata dari bahasa greek (Yunani) yakni psyche artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu. Jadi secara bahasa psikologi berarti ilmu jiwa. Pendidikan berasal dari kata "didik" yang jika mendapat awalan "me" berati "mendidik" yang artinya memberikan pelatihan atau memelihara. Dalam memelihara pasti diperlukan tuntunan, ajaran, mengenai sikap, akhlak dan binaaan kecerdasan pikiran.           Pengertian pendidikan menurut KBBI adalah suatu proses pengubahan sikap, akhlak dan perilaku individu atau kelompok orang dalam upaya mendewasakan melalui pelatihan dan pengajaran. Jadi, psikologi pendidikan adalah ilmu yang menjelaskan tentang kegiatan individu dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam suatu proses pendidikan. Psikologi pendidikan sangat berkaitan dengan bagaimana siswa itu belajar dan berkembang.
Adapun pengertian psikologi menurut beberapa ahli antara lain:

Psikologi Pendidikan : Pengertian Dan Ruang Lingkupnya
          Menurut Muhibin Syah, psikologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu dari bidang psikologi yang menyelidiki masalah psikologi anak yang terjadi dalam dunia pendidikan.
          Menurut Bruno pengertian psikologi terbagi dalam tiga bagian yang pada hakikatnya saling berhubungan satu sama lain.
1.    Psikologi ialah Pendidikan (studi) mengenai “ruh”.
2.    Psikologi ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
3.    Psikologi ialah ilmu pengetahuan berkenaan dengan tingkah laku organisme.
          Alice Crow mengatakan psikologi pendidikan adalah studi tentang belajar, pertumbuhan, kematangan seorang individu dan penerapan prinsip-prinsip ilmiah mengenai reaksi manusia yang mempengaruhi belajar mengajar.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
          Yang dimaksud ruang lingkup psikologi pendidikan adalah apa saja yang dibahas dalam ilmu psikologi pendidikan. Secara luas biasanya membahas tentang proses, lingkungan dan hereditas, evaluasi belajar, perkembangan, kesehatan mental dan lain sebagainya. Pada dasarnya dalam psikologi pendidikan itu membahas tentang hal-hal sebagai berikut :
1.    Lingkungan dan hereditas
2.    Pertumbuhan dan perkembangan anak didik
3.    Potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didik
4.    Hasil dari sebuah proses pendidikan dan berpengaruh kepada individu yang sifatnya personal juga sosial
5.    Higiene Mental dan Pendidikan dari peserta didik
6.    Evaluasi dari hasil pendidikan.
Sedangkan menurut Soerjabrata ruang lingkup bidang psikologi pendidikan dapat dilihat dari segi situasi dan dari proses belajar yang dijadikan pusatnya adalah kajian psikologi tentang anak didik dalam peninjauan yang statis dan dinamis dalam situasi belajar dan proses pendidikan didalam kelasnya.


SUMBER: http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/psikologi-pendidikan-pengertian-dan.html 

Jika anda berkenan, berilah komentar yang bersifat positif dan membangun..!!!
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...