Wednesday 10 June 2015

Tips Agar Anak menjadi cerdas dan pintar

Berikut Tips Agar Anak menjadi cerdas dan pintar

Gizi yang baik saat  hamil
Jika saat ini anda masih mengandung, maka anda berpeluang lebih besar untuk memiliki anak yang cerdas.Anda bisa merawat kehamilan anda dengan baik, yaitu memperoleh gizi yang cukup untuk perkembangan janin.Banyak sekali zat yang penting untuk meningkatkan perkembangan otak janin kelak, sehingga nanti menjadi anak yang memiliki IQ tinggi.Misalnya mendapat asupan cukup lemak tak jenuh omega 3, yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak.Baca: Makanan yang baik untuk ibu hamil

Berikan ASI Eksklusif 1-9bulan.
Agar anak anda mendapat kesempatan memiliki kecerdasan yang lebih lebar, berikan bayi anda ASI eksklusif selama 9 bulan.Sebuah studi yang pernah dilakukan di Denmark mengungkap jika bayi yang diberi ASI  selama 9 bulan lebih cerdas daripada  bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.

Cukupi Gizi anak
Usia anak 1-2 tahun adalah kesempatan para orang tua untuk meningkatkan kecerdasan otaknya.Berikan ia makanan yang kaya gizi sekaligus baik untuk meningkatkan kecerdasan, misalnya ikan yang kaya dengan omega 3.Beberapa studi membuktikan bahwa anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti, tuna, salmon, dan cod, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam ujian.Biasakan anak sejak dini untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan.Hindari makanan cepat saji (junkfood), junkfood sangat tidak bagus buat kecerdasan anak.Selain itu, memberikan junfood akan membuat anak malas mengkonsumsi makanan sehat nantinya.

Kenalkan anak denga Musik
Pelajaran disekolah umumnya hanya melatih otak kiri saja.Agar seimbang, anak juga perlu dilatih kemampuan otak kanannya.memperkenalkan Musik adalah sesuatu langkah yang tepat untuk melatih otak kanan anak.Hal ini seperti yang diungkapkan oleh University of Toronto, bahwa anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.

Kenalkan anak dengan Olahraga
Olah raga dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia, dimana aliran darah yang membawa oksigen ke otak juga akan meningkat.Karena hal itu, berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak saat mengerjakan soal-soal ujian.Tim peneliti dari University of Illinois membuktikan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak. Secara umum aktivitas fisik saat berolahraga berkaitan erat dengan prestasi belajar anak-anak.

Biasakan anak Sarapan
Sarapan adalah masalah pembiasaan pada anak yang kerap kali dianggap kecil para orang tua.Sarapan akan membuat memori anak mreningkat dan lebih konsentrasi saat belajar. Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya. Hal ini berkaitan dengan jumlah asupan gizi, jika tak mendapatkan gizi cukup dipagi hari, maka pada siang hari kemampuan otaknya akan menurun.

Budayakan Membaca pada anak
Membaca merupakan cara  tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Seperti yang dikatakan oleh Paul C. Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross, seorang pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat,  bahwa ada delapan aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca, yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi, di mana semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak.

Itulah beberapa rahasia agar anak menjadi cerdas dan pintar.Anda tak harus sudah memulainya sejak anak didalam kandungan,  jika anak anda saat ini baru lahir, sudah TK ataupun sudah SD, peluang tersebut masih terbuka.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...