Thursday 26 March 2015

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah



Hallo gan, tahu tidak kalau tomat yang sering kita gunakan untuk bahan pelengkap masakan itu sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Tomat, sayur yang memiliki warna merah dan hijau ini ternyata kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk tubuh kita.

Seperti dikutip dalam Us Daily Insights, sayur tomat memiliki khasiat untuk kecantikan yaitu dapat mengobati jerawat, mengurangi komedo, menghaluskan wajah,  serta mencerahkan kulit.

Mengobati Jerawat
Cara yang bisa kita lakukan yaitu merebus tomat, kemudian memotong-motong. Selanjutnya, kita gosokkan potongan tomat tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama sepuluh menit, kemudian bilas wajah dengan air.  Coba lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

Menghaluskan wajah
Cara sederhana yang bisa kita lakukan yaitu dengan cukup meletakkan air jus tomat pada wajah. Sementara itu, cara yang digunakan untuk mencerahkan kulit wajah, kita bisa gunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan.

Mengurangi Komedo
Selain beberapa manfaat tersebut di atas, tomat juga dapat digunakan untuk mengurangi komedo. Cara yang bisa kita lakukan yaitu haluskan tomat dan campur dengan madu. Setelah itu, sebarkan campuran  tersebut pada wajah kita dan biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Yang membedakan tomat dengan sayuran lainnya yaitu manfaat tomat tidak berkurang ketika dimasak. Sebaliknya, malah dianjurkan agar tomat diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Mencegah Kanker
Selain bermanfaat untuk kecantikan, tomat juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Likopen, salah satu zat yang terkandung dalam tomat, juga akan lebih bekerja setelah diproses. Likopen ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang memicu kanker rahim, kanker prostat, kanker perut serta kanker pankreas. Selain itu, Likopen ini dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi hati dan serangan empedu. Perlu diketahui juga bahwa cairan kuning pada bibit tomat baik untuk mencegah pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung.

sumber http://www.tipscantik.org/blog/manfaat-sayur-tomat-untuk-kecantikan-wajah

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda marupakan motivasi buat penulis...